Pengobatan Tradisional Dengan Jahe Merah

Jahe yang kita tahu banyak digunakan sebagai bumbu rempah pelengkap masakan, namun selain itu ternyata di jaman serba modern dan praktis seperti sekarang ini, jahe masih digunakan sebagai obat atau jamu tradisional untuk mengatasi dan mengobati beberapa jenis gangguan kesehatan. Salah satunya adalah jahe merah.  Pengobatan tradisional dengan jahe merah merupakan salah satu pengobatan yang banyak dimanfaatkan saat ini. Akan tetapi jahe sangat berbahaya bagi wanita yang sedang mengandung untuk dikonsumsi karena jahe memiliki sifat pedas dan panas yang bersifat dapat menggugurkan kandungan.

Berikut cara pemanfaatan jahe untuk membantu mengatasi dan mengobati beberapa jenis penyakit dengan cara tradisional, seperti :

1. Untuk mengatasi rematik

Resep 1

Bahan yang diperlukan :

Siapkan jahe merah segar 20 gram, temulawak 20 gram, cabe jawa 20 gram, kumis kucing 30 gram, daun komfrey 30 gram, dan air untuk minum 4 gelas.

Cara mengolah :

Kupas kulit jahe merah, temulawak lalu kemudain cuci semua bahan sampai bersih, kemudian potong kecil-kecil jahe merah dan temulawak. Rebus semua bahan dengan takaran air 4 gelas masak sampai mendidih hingga tercium aroma sampai tersisa 2 gelas air, kemudian saring tunggu hingga hangat lalu diminum.

Minum ramuan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore hari dengan takaran 1x minum = 1 gelas. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat dapat ditambahkan madu atau perasan air jeruk nipis.

Resep 2

Bahan yang diperlukan :

Siapkan jahe merah segar 20 gram, daun dewa segar 30 gram, irisan kering mahkota dewa 20 gram, daun meniran segar 30 gram, daun sendok 30 gram.
Cara mengolah :

Buang kulit jahe merah terlebih dahulu baru kemudian mencuci bersih semua bahan, lalu iris halus semua bahan direbus dalam air mendidih dalam takaran air 400 ml atau setara dengan 1 gelas = 100 ml, rebus hingga tersisa air 2 gelas kemudian saring. Diminum ketika hangat 2 x sehari pada pagi dan sore hari untuk menambah rasa dapat ditambahkan pula madu sesuai selera.

2. Untuk mengatasi pengeroposan tulang atau mencegah terjadinya osteoporosis

Bahan yang diperlukan :

Siapkan jahe merah segar 20 gram, kacang hijau 30 gram, biji cengkih 10 gram, kapulaga 10 gram, merica 15 gram, kayumanis 20 gram, dan 4 gelas air.

Cara mengolahnya :

Seluruh bahan dicuci kemudian dimemarkan, rebus hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum 2 x sehari pada pagi dan sore hari sesudah makan. Dalam 1x minum takaran 1 gelas. Tambahkan 2 sendok madu agar lebih nikmat.

3. Untuk mengatasi asma

Bahan yang diperlukan :

Siapkan jahe merah segar 20 gram, daun sambiloto 30 gram, daun randu 30 gram, daun lampes 20 gram, dan 4 gelas air.

Cara mengolah :

Seluruh bahan yang telah dibersihkan lalu jahe merah dipoting kecil-kecil. Rebus hingga tersisa 2 gelas air lalu saring. Diminum sesudah makan 2x sehari pada pagi dan sore hari. Agar ramuan tersebut bertambah segar dan nikmat dapat ditambahkan madu sesuai selera atau sedikit air perasan jeruk nipis.

4. Untuk mengatasi penyakit stroke

Siapkan jahe merah 20 gram, mengkudu 40 gram, pule pandak 20 gram, daun dewa 30 gram, daun ciremai 20 gram, dan 4 gelas air.

Cara mengolah :

Setelah semuan bahan dicuci dan dipotong tipis-tipis kemudian direbus dalam takaran 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas kemudian disaring. minum ramuan tersebut 3x sehari pada pagi, siang dan sore hari sesudah makan dengan takaran 1x minum = 1/2 gelas.

5. Untuk menambah gairah seksual

Bahan yang diperlukan :

Siapkan jahe merah 15 gram, gingseng 30 gram, cabe jawa 20 gram, lada hitam 20 gram, dan 4 gelas air.

Cara mengolahnya :

Setelah semua bahan dicuci kemudian dimasak dalam air mendidih hingga tersisa 2 gelas air setelah itu disaring dan diminum airnya 2x sehari pada pagi dan sore hari. Agar bertambah khasiat dan terasa nikmat dapat ditambahkan 1 butir telur yang diambil kuning telurnya saja lalu tambahkan 2 sendok makan madu asli, aduk hingga rata dan resep ramuan segera dapat dinikmati.

6. Untuk mengatasi impotensi atau lemah syahwat

Bahan yang diperlukan :

Siapkan 2 rimpang jahe seukuran ibu jari, 1 butir buah jeruk bipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh kopi bubuk, 1 sendok makan madu, dan merica bubuk secukupnya.

Cara mengolahnya :

Cuci jahe merah hingga bersih kemudian parut jahe merah. Masukkan dalam segelas air mendidih, tambahkan perasan air jeruk nipis, kuning telur ayam kampung, dan bahan lainnya dalam 1 gelas aduk hingga tercampur rata, kemudian minum. Gunakan resep dari ramuan ini 1x seminggu.

7. Untuk mengatasi sakit pinggang

Bahan yang diperlukan :

Siapkan 3 rimpang jahe merah dan 2 asam jawa yang telah matang/masak.

Cara mengolahnya :

Kupas kulit jahe dan cuci bersih kemudian parut dan campur dengan asam jawa. Kemudian oleskan pada pinggang yang sakit.

8. Untuk mengatasi dan megobati masuk angin

Bahan yang diperlukan :

Siapkan 3 rimpang jahe merah seukuran ibu jari kemudian memarkan dan 2 gelas air

Cara mengolahnya :

Masak jahe yang telah dimemarkan dengan ditambah 2 gelas air, dan gula aren secukupnya. Masak hingga mendidih kira-kira 15 menit sampai tersisa setengah gelas. Saring dan minum selagi hangat. Buatlah ramuan ini sebanyak 2x sehari pada pagi dan sore hari.

9. Untuk mendapatkan bentuk payudara yang indah dan montok

Bahan yang diperlukan :

2 ruas jahe yang segar dan gula pasir secukupnya

Cara mengolahnya :

Kulit jahe dikupas dan dibersihkan lalu memarkan dan masak dalam air mendidih tambahkan gula pasir secukupnya, saring dan minumlah ramuan ini menjelang tidur malam setiap hari.

10. Untuk menghilangkan Vitiligo (Bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)

30 gr jahe dicuci bersih kemudian dibuat jus. Balurkan jus jahe tersebut pada bagian kulit yang terkena vitiligo.

11. Untuk mengobati perut yang terserang cacing gelang

60 gr jahe yang telah dicuci bersih dan dimemarkan lalu direbus dengan segelas air hingga mendidih. Kemudian saring dan tambahkan 1 sendok makan madu asli

12. Untuk mengobati batuk dan sakit kepala.

Bahan yang diperlukan :

Siapkan 3 rimpang jahe merah sebesar ruas ibu jari, gula jawa atau gula aren secukupnya atau bisa ditambahkan madu sesuai selera dan 2 gelas air

Cara mengolahnya :

Sebelum dimasak dalam air mendidih jahe merah dibakar terlebih dahulu hingga matang kemudain kupas kulit jahe merah setelah itu memarkan agar terbuka aroma jahe. Kemudian rebus dengan 2 gelas iar hingga mendidih hingga tersisa air 1 gelas. Minum air rebusan tersebut 2x sehari pada pagi dan sore hari. Jika sudah menggunakan gula jawa tidak perlu ditambahkan madu.

13. Untuk mengatasi pegal-pegal

Bahan yang diperlukan :

Siapkan 2 rimpang jahe merah seukuran ibu jari dan 2 gelas susu. Cuci rimpang jahe hingga bersih. Sebelum jahe direbus, terlebih dahulu jahe dibakar hingga matang dan kupas kulit jahe kemudian memarkan agar aroma jahe tercium sedap. Setelah itu direbus dicampur dengan 2 gelas susu segar. Ketika matang kemudian di saring dan diminum 2x sehari baik diminum ketika pagi dan malam hari setelah makan. Selain untuk mengatasi pegal-pegal dapat menjaga kondisi tubuh agar tidak cepat lelah.

Banyak manfaat yang didapatkan dari jahe merah ini.  Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit juga karena khasiatnya yang terkenal bagus untuk tubuh. Namun, segala penyakit di tubuh tidak akan sembuh masimal juga jika tidak ditunjang dengan olahraga rutin dan pola makan yang sehat.


=====================================

>>> Jual Kapsul Jahe Merah Untuk Meredakan Nyeri dan Pegal Linu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Jahe Merah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>